Strong girl, you know you were born to fly. Tears you’ve cried, all of the pain you’ve felt... It’s to prepare you for the day you’ll fly even higher.

Monday, April 17, 2017

21 Habits of Happy People (21 Kebiasaan Orang Yang Bahagia)

21 Habits of Happy People
(21 Kebiasaan Orang Yang Bahagia)













Kebahagiaan adalah satu aspirasi yang dibagikan oleh semua orang. Tak ada seorangpun yang ingin menjadi sedih dan despresi. 

Kita semua melihat orang - orang yang selalu bahagia - bahkan di tengah kehidupan mereka yang menyiksa. Saya tidak mengatakan orang yang selalu bahagia tidak pernah merasakan kesedihan atau penyesalan, mereka hanya tidak membiarkan kesedihan menghantui hidup mereka.


Berikut ini adalah 21 kebiasaan yang dilakukan orang bahagia :











1. Appreciate Life (Hargailah Kehidupan)
Bersyukurlah bahwa kita masih (bisa) terbangun setiap pagi. Tumbuhkanlah rasa ketertarikan dan rasa penasaran seperti seorang anak kecil terhadap kehidupan ini. Fokuslah pada keindahan akan segala sesuatu yang hidup. Manfaatkan setiap hari dengan sebaik mungkin. Jangan percaya begitu saja. Jangan memusingkan hal-hal kecil.












2. Choose Friends Wisely (Pilih temanmu dengan bijak)
Kelilingi diri kita dengan orang yang selalu senang dan merasa positif, untuk berbagi nilai-nilai dan tujuan kita. Teman-teman yang memiliki etika yang sama seperti kita akan mendorong kita untuk mencapai impian. Mereka membantu kita untuk merasa baik tentang diri kita. Mereka ada untuk mengulurkan tangan membantu bila diperlukan.












3. Be Considerate (Penuh perhatian)
Menerima orang lain untuk siapa mereka serta dimana mereka berada dalam kehidupan. Menghormati mereka untuk siapa mereka. Sentuh mereka dengan jiwa yang baik dan murah hati. Menolong ketika kita mampu, tanpa berusaha untuk mengubah orang lain. Cobalah untuk mencerahkan hari semua orang yang berhubungan dengan kita.




 










4. Learn Continuously (Belajar Terus Menerus)
Tetaplah mengikuti berita terbaru mengenai karir dan hobimu. Mencoba hal baru dan berani yang memicu ketertarikanmu- seperti menari, bermain ski, berselancar atau terjun payung.










5. Creative Problem Solving (Penyelesaian Masalah Yang Kreatif)
Jangan terus menerus mengasihani diri sendiri. Segera setelah kita menghadapi tantangan, segeralah mencari solusi. Jangan biarkan rintangan mempengaruhi suasana hati kita, lebih baik melihat setiap rintangan baru yang dihadapi sebagai kesempatan untuk membuat perubahan yang positif. Belajar mempercayai insting - biasanya selalu benar.














6. Do What We Love (Lakukan Apa Yang Disukai)
Beberapa statistik menunjukkan bahwa 80% orang tidak menyukai pekerjaan mereka! Tidak heran ada begitu banyak orang tidak bahagia yang berlarian. Kita menghabiskan banyak waktu dari pekerjaan kita. Pilihlah karir yang kita nikmati - uang tambahan dari pekerjaan yang kamu benci tidaklah layak. Luangkan waktu untuk menikmati hobimu dan mengejar minat kita.











7. Enjoy Life (Nikmatilah Hidup)
Luangkanlah waktu untuk melihat keindahan di sekitar kita. Ada kehidupan yang lebih dari sekedar bekerja. Luangkan waktu untuk mencium wangi bunga mawar, melihat matahari terbenam atau matahari terbit dengan orang yang kita cintai, berjalan-jalan di sepanjang pantai, menjelajah hutan, dllnya. Belajarlah untuk hidup di saat ini dan menghargainya. Janganlah hidup di masa lalu atau masa depan.
















8. Laugh (Tertawalah)
Jangan terlalu menganggap kehidupan ini - atau diri kita sendiri terlalu serius. Kamu bisa menemukan humor di hampir setiap situasi. Menertawakan diri sendiri - tidak ada orang yang sempurna. Tertawa di saat yang tepat dan meringankan keadaan. (Tentu saja, ada saat-saat dimana kita harus serius karena itu akan menjadi situasi yang tidak tepat untuk tertawa.)








9. Forgive (Memaafkan)
Menyimpan dendam tidak akan menyakiti siapapun tapi diri kita sendiri. Memaafkan orang lain untuk ketenangan pikiran kita sendiri. Ketika kita membuat kesalahan - akuilah hal itu - belajarlah dari hal itu - dan MAAFKAN diri sendiri.
















10. Gratitude (Bersyukur)
Kembangkanlah sikap bersyukur. Hitunglah berkat - berkat kita; semuanya - bahkan hal-hal yang tampaknya sepele. Bersyukurlah untuk rumah kita, pekerjaan kita dan yang terpenting adalah keluarga dan teman-teman kita. Luangkan waktu untuk memberitahu mereka bahwa kita senang memiliki mereka dalam hidup.
















11. Invest in Relationships (Menanamkan Hubungan)
Pastikan orang yang kita cintai tahu bahwa kita mencintai mereka, bahkan di masa - masa sulit dan saat kita mengalami konflik. Pelihara dan tumbuhkan hubungan dengan keluarga dan teman-teman, dengan meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama dengan mereka. Jangan langgar janji-janji kita kepada mereka. Jadilah pendukung.











12. Keep Our Word (Menjaga Ucapan Kita)
Kejujuran adalah kebijakan terbaik. Setiap tindakan dan keputusan yang kita buat harus didasarkan pada kejujuran. Jujur dengan diri sendiri dan dengan orang yang kita cintai.










13. Meditate (Meditasi)
Meditasi memberikan waktu untuk beristirahat pada otak kita yang sangat aktif. Ketika itu beristirahat Anda akan memiliki lebih banyak energi dan fungsi pada tingkat yang lebih tinggi. Jenis meditasi termasuk yoga, hipnosis, kaset relaksasi, afirmasi, visualisasi atau hanya duduk dalam keheningan. Cari sesuatu yang kita nikmati dan meluangkan waktu untuk melatihnya setiap hari.










14. Mind Our Own Business (Pikirkan Urusan Kita Sendiri)
Berkonsentrasilah pada penciptaan kehidupan seperti apa yang kita inginkan. Mengurus diri kita sendiri dan keluarga kita. Jangan terlalu khawatir tentang apa yang orang lain lakukan atau katakan. Jangan terjebak dengan gosip atau nama panggilan. Jangan menghakimi. Setiap orang memiliki hak untuk hidup sesuai dengan cara mereka sendiri - termasuk kita.










15. Optimism (Optimis)

Lihatlah sebuah gelas sebagai gelas yang terisi setengah penuh. Temukan sisi positif di segala situasi. Pasti ada - meskipun mungkin sulit ditemukan. Ketahuilah bahwa segala sesuatu terjadi karena suatu alasan, meskipun kita mungkin tidak pernah tahu apa alasannya. Hindari pikiran negatif. Jika pikiran negatif muncul - gantikan dengan pikiran positif.












16. Love Unconditionally (Cinta Tak Bersyarat)
Terimalah orang lain untuk siapa mereka. Kita tidak menaruh batasan pada cinta kita. Meskipun kita mungkin tidak selalu menyukai tindakan orang yang kita cintai - kita terus mencintai mereka.











17. Persistence (Ketekunan)
Jangan pernah menyerah. Hadapi setiap tantangan baru dengan sikap yang akan membawa kita selangkah lebih dekat ke tujuan kita. Kita tidak akan pernah gagal, selama kita tidak pernah menyerah. Fokus pada apa yang kita inginkan, pelajarilah keterampilan yang diperlukan, buat rencana untuk meraih sukses dan ambil tindakan. Kita selalu merasa bahagia saat mengejar sesuatu yang berharga untuk kita.












18. Be Proactive (Jadilah Proaktif)
Terimalah apa yang tidak bisa diubah. Orang bahagia tidak membuang-buang energi pada suatu keadaan di luar kendali mereka. Terimalah keterbatasan kita sebagai manusia. Tentukan bagaimana caranya kita dapat mengontrol dengan menciptakan hasil yang kita inginkan - daripada menunggu respon.












19. Self Care (Peduli Diri Sendiri)
Jagalah pikiran, tubuh dan kesehatan. Lakukan medical check up secara rutin. Makan makanan yang sehat dan berolahraga. Beristirahatlah yang banyak. Minum banyak air. Latih pikiran kita dengan terus memberikan energi dengan tantangan yang menarik dan menyenangkan.











20. Self Confidence (Percaya Diri)
Jangan mencoba untuk menjadi seseorang yang bukan diri kita. Tidak ada seorangpun yang menyukai sesuatu yang palsu. Menentukan siapa diri kita di dalam hati - seorang pribadi yang disukai dan tidak disukai. Jadilah seorang yang percaya dengan diri sendiri. Lakukan yang terbaik yang kita bisa.











21. Take Responsibility (Bertanggungjawab)
Orang yang bahagia tahu dan memahami bahwa mereka 100% bertanggung jawab atas hidup mereka. Mereka bertanggung jawab untuk suasana hati, sikap, pikiran, perasaan, tindakan dan kata-kata. Mereka yang pertama mengaku salah ketika mereka telah melakukan suatu kesalahan.

Mulailah hari ini dengan bertanggung jawab untuk kebahagiaan kita. Jadikan hal itu sebagai suatu kebiasaan kita. Semakin kita menggabungkan kebiasaan di atas sebagai gaya hidup kita sehari-hari - maka kita akan menjadi lebih bahagia.
















Yang terpenting dari semua itu adalah:
Jadilah dirimu sendiri.

“Happiness is a habit – cultivate it.”
(Kebahagiaan adalah suatu kebiasaan - tanamkanlah itu.") ~ Elbert Hubbard


Source: Pick the Brain

No comments:

Post a Comment